Apa itu kanker serviks? Apa penyebab utama kanker serviks?

Menurut WHO, organisasi kesehatan dunia, kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, tapi paling mudah untuk dicegah. Setiap tahunnya terdapat 490.000 kasus baru kanker serviks, dan 270.000 diantaranya menyebabkan kematian, kanker serviks 85% terjadi di negara berkembang. Kanker serviks adalah kanker yang menyerang bagian leher rahim wanita atau biasanya disebut juga dengan kanker leher rahim. Leher rahim adalah saluran penghubung antara vagina dan rahim, berfungsi untuk jalan masuk menuju rahim melalui vagina.

Apa itu kanker serviks?

Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah jenis kanker yang menyerang leher rahim pada wanita, yaitu saluran penghubung antara vagina dengan rahim. Kanker serviks sering terjadi pada wanita produktif dan aktif secara seksual antara dua puluh lima sampai 45 tahun, bukan berarti tidak ada pasien kanker serviks yang diluar usia produktif, di usia berapa pun wanita tetap harus waspada dengan kanker serviks.

Pada stadium awal kanker serviks tidak menimbulkan gejala sama sekali, oleh karena itu sekitar delapan puluh lima persen kanker serviks terjadi di negara berkembang, sebab di negara berkembang, kebanyakan tidak akan pergi ke dokter, rumah sakit, atau pusat kesehatan, jika tidak terjadi keluhan atau masalah. Di indonesia saja baru 5% yang melakukan screening kanker serviks.

Gejala yang sering timbul pada pasien kanker serviks stadium awal sampai lanjut, biasanya nyeri saat berhubungan intim, pendarahan setelah berhubungan seks, keputihan abnormal disertai bercak darah, pendarahan diluar periode menstruasi atau setelah masa menopause, dan gejala umum kanker seperti, kelelahan, mual, penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan.

Penyebab utama kanker serviks

Sebagian besar kanker serviks terjadi pada usia produktif, ini berhubungan erat dengan penyebab utama kanker serviks, yaitu human papillomavirus atau lebih populer disebut HPV. Saat melakukan hubungan intim HPV ikut menular sekaligus menginfeksi leher rahim dan akhirnya menjadi kanker serviks.

Human papillomavirus atau HPV adalah kumpulan virus yang umum menginfeksi saluran reproduksi pria maupun wanita. HPV memiliki lebih dari 100 tipe, namun hanya tiga belas diantaranya yang menyebabkan kanker serviks, dan dua diantara tiga belas tipe 'HPV penyebab kanker serviks' yang sangat sering ditemukan dan berbahaya yaitu HPV 16 dan HPV 18. Keduanya menyebabkan 70% kanker serviks dan lesi pra-kanker serviks.

Reference:
•www.who.int/mediacentre
•Wikipedia.org/wiki/Kanker_leher_rahim

Subscribe to receive free email updates: