Apa penyebab kanker payudara? Mungkin 10 faktor ini jawabannya

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang akrab sekali dengan wanita, bukan berarti pria tidak bisa terkena kanker payudara, tapi kanker payudara dominan diderita oleh kaum hawa. Di tahun 2010 kemarin, kanker payudara terdiagnosa mencapai angka 12.014 kasus, dari seluruh rumah sakit di indonesia (SIRS 2010) dan tidak sedikit pasien yang terdiagnosa kanker payudara meninggal dunia, karena jenis kanker ini masih menempati urutan pertama kematian yang disebabkan oleh kanker. Sedangkan WHO, organisasi kesehatan dunia, menyebutkan bahwa kanker payudara masih menjadi primadona sebagai jenis kanker pembunuh.

Sebenarnya belum bisa dipastikan apa penyebab kanker payudara, tapi para ahli menduga faktor-faktor berikut erat sekali kaitannya dengan kanker pembunuh ini:

1. Genetik. Faktor keturunan atau genetik menjadi berpengaruh besar, apabila anggota keluarga lain seperti orang tua, kerabat, anak, dan anggota keluarga lain yang memiliki hubungan darah langsung, terlebih dahulu telah terdiagnosa kanker payudara. Anda harus segera melakukan screening apabila salah satu anggota keluarga anda telah di-diagnosa kanker payudara karena resiko anda juga akan terkena kanker di masa depan akan menjadi dua kali lebih besar.

2. Jenis kelamin. Tidak bisa dipungkiri kebanyakaan penderita kanker payudara adalah wanita, walaupun pria bisa saja terkena kanker payudara, karena baik pria ataupun wanita, sama-sama memiliki payudara. Sedangkan untuk perbandingannya, wanita seratus kali lebih beresiko daripada pria.

3. Gaya hidup. Orang dengan gaya hidup sehat memiliki resiko yang lebih kecil terkena kanker payudara daripada orang yang melakukan gaya hidup tidak sehat. Olahraga teratur, tidak merokok, dan minum minuman keras bisa memperkecil resiko kanker payudara menghampiri tubuh anda.

4. Usia. Memang kanker payudara tidak saja menyerang orang yang "ber-umur", tapi banyak dari penderita kanker payudara yang masih tergolong muda. Hal yang menyebabkan usia menjadi faktor penyebab kanker dikarena kekebalan tubuh seseorang yang masih muda tentu saja lebih baik dari kekebalan tubuh seseorang yang sudah tua.

5. Hormon. Saat-saat mendekati masa mentruasi dan masa setelahnya hormon di dalam tubuh seseorang akan mengalami perubahan yang cukup drastis, perubahan ini tidak saja menyebabkan jerawat bermunculan, tetapi bisa saja memicu kanker payudara. Namun tidak sekedar itu saja, terapi hormon setelah masa menopause juga bisa memicu timbulnya kanker payudara.

6. Obesitas. Kegemukan merupakan faktor yang disebut-sebut memiliki hubungan dengan berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara. Baik pria maupun wanita yang obesitas memiliki peluang yang tinggi memicu terjadinya kanker payudara, sebab seseorang yang mengalami obesitas tentu kadar lemak dalam darahnya tinggi, lemak ini memicu diproduksinya hormon estrogen, hormon ini termasuk pemicu kanker yang baik dari pada tembakau dalam rokok. Belum lagi kadar kolesterol yang tinggi juga dalam darah seseorang yang mengalami obesitas, kolesterol memiliki efek yang hampir sama dengan hormon estrogen.  

7. Menstruasi & Menopause. Apabila anda terlalu dini mengalami masa menstruasi dan terlambat saat menopause, resiko menderita kanker payudara akan lebih tinggi. Masa mestruasi disebut dini, apabila telah mengalami mentruasi sebelum umur 15 tahun, dan menopause terlambat, bila telah berumur lima puluh lima tahun tapi belum mengalami menopause.

8. Radiasi. Pancaran radiasi, baik radiasi alami dari alam maupun radiasi buatan manusia, sama-sama memiliki efek yang buruk bagi kesehatan dan memicu timbulnya kanker payudara.

9. Pil kb. Mengkonsumsi pil kb bisa mengganggu kestabilan hormon estrogen, tidak stabilnya hormon ini meningkatkan resiko kanker payudara.

10. Merokok. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok, digadang-gadang menjadi penyebab utama, mengapa rokok berefek buruk bagi kesehatan dan juga menimbulkan kanker payudara. Tidak hanya pe-rokok aktif yang memperoleh efek buruk ini, tetapi orang yang terpapar asap rokok atau pe-rokok pasif juga ikut merasakan efek yang tidak baik ini. Zat kimia karsinogen di dalam rokok seperti, hidro karbon aromatik polisiklik, yang dihasilkan dari sisa-sisa pembakaran, nikotin, terdapatdi dalam tembakau dan puluh-an zat-zat karsigen lain memicu dan memperbesar risiko dan menjadi penyebab kanker payudara.

Subscribe to receive free email updates: