Apa ini kanker otak atau tumor otak?

Kanker otak adalah pertumbuhan sel-sel abnormal yang terjadi di dalam otak, dekat dengan otak, dan sekitar kepala, bisa juga disebut sebagai tumor otak. Otak sebagai pusat dari tubuh manusia, mengendalikan setiap aktivitas manusia, dan merupakan organ paling vital dari tubuh manusia, sehingga jika terjadi penyakit dalam otak baik itu kanker otak atau yang lainnya, organ-organ lain dalam tubuh juga ikut terganggu, yang pada akhirnya mengalami kegagalan fungsi dan menyebabkan kematian pada manusia. Di seluruh dunia terdiagnosa 18.500 kasus baru setiap tahunnya dan 12.760 diantaranya menyebabkan kematian, pada pasien kanker otak. Di indonesia sendiri kanker otak setiap tahunnya terdiagnosa sebanyak 2.000 kasus kanker otak, kasus kanker otak pada pria lebih banyak sekitar 1200 kasus kanker otak, sedangkan pada wanita hanya sekitar 800 kasus per tahunnya.

Pasien kanker otak

Sebagai pasien kanker, apalagi kanker otak yang notabene kanker yang bersarang di organ paling vital dalam tubuh manusia, otak, fokus kita adalah bagaimana cara mengobati kanker otak se-efektif, cepat, dan tepat, karena bila dibiarkan begitu saja sel-sel abnormal dalam otak ini akan mendesak, memberi tekanan pada jaringan otak yang lain karena tulang tengkorak kepala manusia, apalagi sudah dewasa, tidak bersifat elastis, walaupun yang tumbuh adalah tumor otak jinak (tidak bersifat kanker) berbeda jika kanker tumbuh pada organ lain, seperti payudara contohnya, selain berada diluar tubuh (bukan termasuk organ dalam), pelindungnya juga bersifat elastis sehingga jika terdapat pertumbuhan sel-sel tumor, tidak akan menekan dan menghancurkan jaringan yang ada di sekitarnya, mungkin hanya timbul benjolan.

Namun, kanker otak yang terdeteksi dini, tapi pengobatan tidak dilakukan secara cepat, tepat, dan efektif, memiliki resiko kerusakan otak, kerusakan pada rongga kepala, pembengkakan otak, dan gangguan panca indera karena terganggunya saraf di otak, bahkan menyebabkan kematian.

Jenis-jenis kanker otak

Dibagi menurut sel-sel bibit kanker berasal, kanker otak dibagi menjadi dua, yaitu kanker otak primer dan kanker otak sekunder. Kanker otak primer adalah kanker otak yang berasal dari dalam otak itu sendiri, sel-sel kanker yang tumbuh dan berkembang murni berasal dari otak, tidak hasil dari metasis (sebaran) dari organ tubuh lain. Sebaliknya, kanker otak sekunder adalah kanker otak yang bibitnya berasal dari hasil metasis (sebaran) dari bagian tubuh lain, yang sebelumnya sudah terkena kanker dan menyebar sampai ke otak.

Kanker otak sekunder tentu harus lebih diwaspadai karena kanker tidak hanya terjadi di otak saja, mungkin sudah tumbuh dan berkembang di seluruh bagian tubuh. Sedangkan kanker otak primer, masih tumbuh dan berkembang di satu tempat saja yaitu otak.

Diagnosa kanker otak

Teknologi yang semakin canggih membuat angka harapan hidup pasien kanker otak menjadi semakin tinggi, pasalnya dengan tehnologi, kita bisa mendeteksi kanker lebih dini, bisa mengetahui letak sel-sel kanker otak lebih tepat, sehingga dokter bisa memutuskan dengan tepat tindakan apa yang harus diambil.

Berikut teknologi yang digunakan untuk membantu mendiagnosa pasien kanker:

1. CT-Scan. Digunakan untuk mempermudah mengetahui ukuran lesi, jumlahnya, dan lokasi kanker otak dengan tepat tanpa menggunakan prosedur bedah.

2. Magnetic Resonance Image (MRI). Fungsinya hampir sama dengan ct-scan yaitu mendeteksi ukuran, bentuk, dan lokasi tumor otak, tetapi data yang didapat lebih akurat.

3. Radiografi sinar-X. Membantu untuk mengetahui ada tidaknya tekanan dalam rongga kepala, kerusakan bagian dari tulang kepala,dan gejala lainnya karena kanker otak.

4. Electroencephalography (EEG). Dapat mengetahui penurunan amplitudo dan perlambatan frekuensi disekitar lokasi sel-sel kanker otak.

Kanker otak atau tumor otak

Dokter lebih sering menggunakan istilah "tumor otak" dibandingkan "kanker otak" karena dalam kasus tumor otak jinak (tidak bersifat kanker) memiliki gejala yang hampir sama dengan kanker yaitu mempengaruhi, mengganggu, dan menekan jaringan di sekitar tempat di mana sel-sel tumor itu tumbuh, padahal dalam kasus kanker pada bagian tubuh lain, tumor jinak tidak mempengaruhi jaringan tubuh yang lain.

Reference:
•Wikipedia.org/wiki/Tumor_otak

Subscribe to receive free email updates: