Kisah pasien kanker otak Tessa Calder yang kreatif dan menghibur

Pasien kanker otak mengalami hal-hal yang sulit, frustasi, dan lemah, mungkin itu biasa terjadi untuk pasien kanker sekelas kanker otak. Semua itu wajar karena selain pengobatan penyakit kanker yang panjang dan melelahkan, para pasien kanker otak pasti mengalami gejala kanker otak itu sendiri seperti mual, muntah, dan  masih banyak lagi, yang mengakibatkan turunnya mood untuk beraktifitas, kebosanan, dan lama kelamaan menjadi lemas dan frustasi. Hal tersebut berbeda dengan yang dialami pasien kanker otak yang satu ini.

Kisah pasien kanker otak Tessa Calder yang kreatif dan menghibur
Tessa Cardel berpose seperti "Gandalf's staff".

Tessa Cardel, pasien kanker otak yang kreatif dan menghibur

Kanker otak tidak membuat Cardel (sapaan Tessa Cardel) menjadi terpuruk di atas tempat tidurnya di rumah sakit, walaupun sebenarnya ia juga merasakan masa-masa yang sulit dan mencegahnya untuk selalu tertawa. Cardel menghibur diri dengan mengubah moment-moment kemoterapinya menjadi seni photografi yang menghibur dan menyenangkan.

Tessa Cardel adalah seorang mahasiswi  kedokteran semester empat di Universitas New South Wales, dia menghibur dirinya sendiri sekaligus teman-temannya dengan membuat karya seni fotografi yang kreatif dan menyenangkan bersama teman barunya, tiang penyangga cairan intravena (IV) dalam masa kemoterapi-nya melawan kanker otak.

Cardel didiagnosa oleh dokter terkena kanker otak pada umur 21 tahun, saat itu cardel bekerja di medical center, teman-teman sejawatnya langsung menyarankan untuk melakukan scan ketika mengetahui bahwa cardel mengalami gejala-gejala kanker otak.

Cardel sering merasa nyeri di punggung belakang, pada awalnya dia mengira itu karena ranjang barunya, tapi semakin hari bertambah keluhan itu tidak membaik juga, malahan keluhannya itu, diikuti dengan sering mutah dan ada perasaan aneh di kakinya, lantas ia memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter.

Cardel didiagnosa mengalami metastatic medulloblastoma oleh dokter, ada sebuah tumor di bagian cerebellum (otak kecil), dan telah ber-metastasis (menyebar) ke tulang belakang, yang menyebabkan cardel merasa nyeri di bagian tulang belakangnya, karena sel-sel kanker otak telah menyebar ke seluruh tulang belakangnya.

Saat itu juga, cardel memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan tumor dari otak kecil-nya dan diteruskan dengan radioterapi selama enam minggu. Saat waktu luang antara kemoterapi pertamanya, cardel menggunakan waktunya untuk membuat karya seni fotografi bersama tiang penyangga cairan intravena (IV).

Lalu, cardel meng-unggah karya seni fotografinya tersebut ke media sosial, Facebook. Karena kreatif dan menghibur, foto pertamanya langsung mendapatkan ratusan "likes" dan "comments" dari teman-temannya dan mendorongnya untuk terus berbagi petualangannya dengan 'Francis', tiang penyangga cairan intravena (IV).

Kemudian cardel mengubah semua alat pengobatannya menjadi karya seni fotografi, "Gandalf's staff", "Sapu Harry Potter" dan "Satu set keran bir pada Oktoberfest".

Source:
•www.abc.net.au

Subscribe to receive free email updates: