Apa sih perbedaan antara tumor dan kanker?

Kanker akhir-akhir menjadi bahan perbicangan yang hangat di tengah masyarakat. Pasalnya di tahun 2012 yang lalu, kasus penyakit kanker terdeteksi mencapai angka 14,1 juta kasus baru dan 8,2 juta diantaranya meninggal dunia, data tersebut berdasar dari Globocan 2012, yang mana Globocan 2012 adalah proyek WHO yang bertujuan untuk memperkirakan kejadian serta kematian yang diakibatkan oleh kanker. Walaupun lima puluh persen lebih penderita kanker meninggal dunia, bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan.

Kanker

Kanker adalah sebuah penyakit degeneratif yang timbul akibat adanya pertumbuhan sel abnormal pada jaringan tubuh seseorang, yang menyebabkan terganggunya jaringan tubuh di sekitar area kanker tersebut tumbuh dan tidak menutup kemungkinan sel kanker ini akan ber-metastasis ke jaringan tubuh yang lain melalui pembuluh darah dan kelenjar getah bening (sistem limfatik).

Disebut penyakit degeneratif karena kanker biasanya timbul seiring bertambahnya usia, hal ini diakibatkan oleh ber-mutasi-nya sel-sel normal dalam tubuh menjadi sel-sel abnormal yang pertumbuhannya tidak terkendali karena sel-sel ini terus tumbuh dan membelah tapi tidak melewati proses kematian (apoptosis). Akan tetapi jaman sekarang kanker tidak lagi identik dengan atau menyerang seseorang yang sudah "ber-umur", hal ini akibat dari banyak radikal bebas dari polusi, baik polusi udara, polusi air dan lainnya yang berdampak semakin rentan-nya sel-sel tubuh untuk mengalami perubahan sel atau ber-mutasi.

Sel kanker juga mempunyai kemungkinan untuk ber-metastasis. Apa itu metastasis? Metastasis adalah penyebaran kanker dari jaringan awal ke jaringan tubuh lain, biasanya melalui sirkulasi darah dan/atau sistem limfatik.

Ciri khas kanker bisa dikenali dari beberapa aspek seperti: pertumbuhan dan pembelahan sel-sel kanker cenderung tidak terkendali karena gen yang berada di dalam sel tersebut telah berubah atau ber-mutasi, karena pembelahan dan pertumbuhan sel yang tak terkendali ini, ditambah tidak adanya fase kematian sel sehingga jaringan tubuh atau sel-sel "sehat" yang berada di dekat sel-sel kanker ini berada akan memperoleh atau terganggu dan yang pasti kalo sudah kanker, apalagi sudah stadium lanjut, pasti sel-sel abnormal ini akan ber-metasisatau menyebar.

Tumor

Apa itu tumor? Tumor adalah pembengkakan yang disebabkan oleh pertumbuhan dan pembelahan sel-sel abnormal, tumor dapat berupa benjolan atau dalam tahap awal hanya berupa lesi. Namun, pada umumnya masyarakat mengetahuinya sudah dalam bentuk benjolan.

Dalam banyak kasus tumor dibedakan menjadi dua, berdasarkan ada tidaknya kemampuan untuk ber-metastasis atau menyebar ke jaringan lain di dalam tubuh.

Pertama, tumor jinak adalah jenis tumor yang hanya berupa benjolan dan tidak bisa menyebar ke jaringan atau organ tubuh lain, tetapi tetap saja harus diwaspadai dan diobati tentunya, karena tumor jinak mungkin tidak bisa menyebar ke area lain dalam tubuh tapi benjolan tumor jinak bisa bertambah massanya menjadi besar, dikarenakan di dalam benjolan ini terdapat sel-sel abnormal yang pertumbuhannya tak terkendali.

Kedua, tumor ganas merupakan jenis tumor yang memiliki benjolan sekaligus bisa menyebar ke jaringan tubuh lain melalui pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Biasanya sebelum menjadi tumor ganas terlebih dahulu melewati fase tumor jinak, dan tidak sedikit ketika dokter men-diagnosa sudah berupa tumor ganas sebab dalam beberapa kasus, tumor atau benjolan tidak disertai dengan rasa sakit sehingga pasien menggapnya tidak berbahaya dan membiarkannya tanpa berkonsultasi pada dokter. 

Perbedaan

Baik tumor ataupun kanker sama-sama penyakit berbahaya jika tidak ditangani dengan benar dan di-deteksi dini, serta mencegahnya dari dini dengan berolah raga, bergaya hidup sehat, dan pastinya menghindari segala sesuatu yang memicu terjadinya penyakit kanker.

Perbedaan yang mencolok antara tumor dan kanker adalah ada tidaknya kemampuan menyebar atau menyerang jaringan tubuh lain atau biasanya disebut metastasis. Jika sudah diketahui pasti itu kanker, cepat atau lambat sel-sel kanker akan menyebar melalui pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Namun, jika hanya berupa tumor, apalagi tumor jinak bisa dipastikan tidak akan ber-metastasis ke jaringan lain.

Kalau ditelisik menurut ada tidaknya benjolan, pemenangnya adalah tumor. Kenapa? Karena tumor yang berada di dalam tubuh (tak terlihat mata) maupun di luar tubuh (terlihat), pasti terdapat benjolan. Karena pada hakekatnya tumor adalah tumpukan massa jaringan yang abnormal. Sedangkan kanker bisa saja terdapat benjolan, namun ada juga kanker yang tidak memiliki benjolan seperti, kanker darah atau leukemia.

Jika diamati lebih dalam lagi, sel-sel kanker pembelahan dan pertumbuhannya tidak sama bentuknya dengan sel induk, namun sel-sel tumor walaupun pertumbuhannya tidak terkendali tapi bentuknya masih menyerupai sel induk.

Subscribe to receive free email updates: