Pencegahan kanker serviks dengan pap smear (Cervical cancer screening)

Kanker serviks adalah jenis kanker nomor dua yang paling banyak menyerang wanita setelah kanker payudara, kanker serviks terjadi di saluran leher rahim wanita atau bisa juga disebut serviks, letak serviks adalah berada diantara vagina dan rahim, lebih tepatnya serviks adalah saluran yang menghubungkan antara vagina dan rahim, kegunaan saluran ini sebagai jalan masuk ke rahim dari arah luar tubuh.

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang sangat berbahaya, tapi sangat mudah untuk dicegah. Penyebab utama kanker serviks adalah human pappiloma virus (HPV), virus ini umumnya menyerang kelamin pria maupun wanita, butuh waktu yang cukup lama untuk HPV dari pertama menginfeksi sampai menjadi kanker serviks.

Sekilas tentang kanker serviks

Menurut data WHO, setiap tahunnya terdapat 490.000 kasus baru kanker seviks, dan sebagian dari jumlah tersebut sekitar 270.000 dinyatakan meninggal dunia karena kanker serviks. Kanker serviks adalah kanker yang terjadi di leher rahim, jenis kanker ini dominan disebabkan oleh virus HPV, dan jarang sekali kasus kanker serviks yang di sebabkan oleh faktor keturunan.

Virus HPV sebagai penyebab utama kanker serviks, HPV merupakan virus yang sangat umum di dunia, virus ini umumnya menginfeksi kelamin wanita maupun pria, seseorang bisa saja terinfeksi lebih dari satu kali dalam hidupnya. Human pappiloma virus (HPV) memiliki lebih dari 100 tipe, namun hanya beberapa tipe saja yang menyebabkan kanker serviks, tipe HPV yang paling sering menyebabkan kanker serviks adalah tipe 16 dan tipe 18, persentase kanker serviks yang disebabkan oleh kedua tipe HPV ini sekitar 70%.

Gejala kanker serviks yang umumnya terjadi, tidak terjadi gejala apapun pada kanker serviks tahap awal. Kanker serviks baru menunjukan gejala ketika kanker serviks sudah mencapai stadium lanjut, umumnya gejala yang timbul antara lain, keluarnya darah ketika berhubungan dengan pasangan, keputihan abnormal, pendarahan di luar fase menstruasi dan sesudah menopause.

Pencegahan kanker serviks

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, kata-kata ini sangat sering kita dengar, bahkan anda mungkin pernah mengatakannya? Tapi pencegahan kanker serviks tidak hanya lebih baik, akan tetapi pencegahan kanker serviks juga lebih mudah dari pada mengobati pasien kanker serviks.

Pencegahan kanker yang paling efektif adalah dengan menjalankan hidup sehat serta menjauhi faktor resiko yang menjadi pemicu terjadinya kanker. Pada kanker serviks sendiri, yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker serviks adalah infeksi virus HPV, maka pencegahan yang paling efektif untuk menghindari kanker serviks dengan jalan memperkecil kemungkinan terinfeksi HPV dengan tidak berganti-ganti pasangan, menjaga kebersihan organ intim, dan menggunakan kondom agar kontak langsung kulit kelamin bisa diminimalisir.

Lantas, bagaimana cara mengetahui infeksi HPV? Pada tahap awal infeksi HPV tidak menimbulkan gejala sama sekali, untuk mengetahui ada tidaknya infeksi HPV dalam organ reproduksi perempuan, dunia kesehatan menggunakan metode screening, screening kanker adalah mendeteksi sebuah kanker sebelum kanker itu menunjukkan gejala, untuk kanker serviks sendiri screening yang populer dilakukan adalah pap smear.

Apa itu pap smear? Dalam pencegahan kanker serviks wanita harus rutin melakukan pap smear setidaknya satu tahun sekali. Pap smear adalah pemeriksaan sel-sel serviks dengan bantuan mikroskop atau alat sejenis. Tujuan dilakukannnya pap smear adalahh mengetahui bagaimana bentuk sel-sel di bagian serviks, apakah ada sel-sel serviks yang abnormal yang bisa menjadi kanker serviks.

Sebenarnya terdapat cara lain screening kanker serviks antara lain, dengan inspeksi asam asetat (IVA) langsung ke area serviks, tes HPV atau HPV DNA genotiping, dan pap smear baik dengan pap smear konvensional ataupun pap smear berbasis cairan.

References:
• https://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_leher_rahim
• http://www.republika.co.id/berita/humaira/sana-sini/14/05/07/n56lq3-tiga-cara-skrining-kanker-serviks

Subscribe to receive free email updates: