Penyakit kanker pada lanjut usia

Usia lanjut identik dengan masa pensiun, tentunya tidak hanya pensiun dalam hal pekerjaan saja, usia lanjut pada wanita berarti masa di mulainya menopause, sekaligus pensiun atau berakhirnya masa produktif organ reproduksi wanita karena pada masa ini sel-sel telur (ovum) berhenti masa produksinya, dengan katalain tidak akan ada lagi dinding endometrium yang akan meluruh (menstruasi), apalagi pembuahan ovum oleh sperma atau fertilisasi. Pada wanita memang organ reproduksi mempunyai masa pensiun akantetapi berbeda dengan pria, sampai kapanpun organ reprodusi pria tidak akan mengalami masa pensiun/ sampai kapanpun sel-sel sperma akan terus diproduksi, selama tidak ada kelainan yang mempengaruhinya, seperti penyakit dan lainnya.

Sekilas tentang penyakit kanker

Kanker disebut juga tumor ganas adalah penyakit yang umumnya terjadi pada usia lanjut karena bermutasi gen akibat dari gaya hidup sehari-hari atau sebab lain, yang ditandai dengan pembelahan sel melebihi batas normal, mendesak dan/atau merusak jaringan tubuh disekitarnya, dan mempunyai kemungkinan besar untuk bermetastasis ke jaringan atau organ tubuh lain melalui sirkulasi darah dan/atau kelenjar getah bening/ sistem limfatik.

Penyakit kanker sendiri termasuk ke dalam kelompok penyakit tidak menular (Non Communicable Disease), seseorang tidak bisa tertular kanker hanya dengan bersentuhan, melalui jarum suntik, menghirup udara yang sama, dan hal lainya yang menjadi pemicu sebuah penyakit menular. Seorang yang sehat atau daya tahan tubuhnya dalam keadaan normal, sel-sel kanker yang tersebar melalui udara atapun medium lain dan masuk tanpa sengaja ke dalam tubuh, tidak akan bisa bertahan hidup apalagi berkembang, karena sistem imun secara otomatis mengenali dan memusnahkan sel kanker tersebut, dan hal serupa juga akan terjadi apabila sel asing lain masuk kedalam tubuh, walaupun sel/jaringan/organ tubuh tersebut sebetulnya tidak berbahaya, seperti halnya pada kasus transplantasi organ tubuh.

Pada kasus tertentu penyakit kanker bisa saja menular, transplantasi organ tubuh dengan donor penderita kanker ataupun survivor kanker sekalipun, dapat menularkan kanker ke tubuh penerima organ, oleh sebab itu pendonor organ setidaknya akan diperiksa kesehatannya sekaligus riwayat kesehatannya di masa lalu. Tidak hanya menularkan kanker, transplantasi organ tubuh juga meningkatkan risiko seseorang untuk terserang kanker di masa yang akan datang.

Perbedaan antara kanker dan tumor

Pada beberapa kasus, sebelum menjadi kanker, sel-sel yang membelah melebihi batas normal akan menjadi tumor terlebih dahulu, sebelum akhir mengganas menjadi kanker yang bisa bermetastasis ke organ lain dalam tubuh.

Apa sih tumor itu? Tumor berasal dari kata bahasa latin "tumere" yang apabila kita artikan ke dalam bahasa indonesia berarti "bengkak". Namun, tumor dalam konteks tumorkanker, adalah jaringan abnormal/ lesi padat yang tumbuh akibat pertumbuhan dan perkembangan sel mutasi yang tidak terkontrol dan disertai dengan pertumbuhan selaput atau jaringan yang menyelubungi. Tumor jauh berbeda dengan kanker, dalam hal metastasis/ menyebar ke jaringan lain dalam tubuh, tumor tidak bermetastasis seperti halnya kanker, sel-sel abnormal yang tumbuh tak terkendali pun jenis dan bentuknya sama dengan sel induk, tumor juga pertumbuhan dan perkembangannya jauh lebih lambat dari pada kanker.

Sedangkan, kanker ialah hampir sama pengertiannya dengan tumor, akan tetapi sel-sel kanker tidak sama dengan sel induk, tidak tumbuh selaput, bermetastasis/ menyebar ke jaringan lain dalam tubuh, dan pertumbuhan relatif lebih cepat dibanding dengan tumor.

Jenis-jenis penyakit kanker pada lansia

Ada banyak sekali jenis kanker, sekitar 36% dari semua jenis kanker terdiagnosa pada kelompok umur lanjut usia di UK sekitar tahun 2010-2012. Hal senada juga di temukan pada berbagai negara bahwa kanker cenderung meningkat dan fase puncak berada pada golongan lansia.

Berikut beberapa jenis kanker yang cukup sering menyerang beberapa golongan usia termasuk di dalamnya usia lanjut, jenis kanker ini biasanya menyerang salah satu gender atau bisa juga menyerang dua-duanya apabila kedua gender baik pria maupun wanita sama memiliki organ tubuh yang bersangkutan seperti paru-paru, dimana organ tubuh tersebut tidak terikat oleh gender.

Kanker paru-paru. Jenis kanker yang satu ini merupakan kanker yang terbanyak ke-2 pada laki-laki maupun perempuan. Pada tahun 2015, American cancer society memperkirakan terdapat kurang lebih 221.200 kasus baru kanker paru-paru, dengan perincian 115.610 kasus pada laki-laki dan 105.590 kasus pada wanita. Sementara itu, kematian yang diakibatkan oleh kanker paru-paru aanyak menyebabkan kematian, baik pada wanita maupun pada laki-laki, kanker paru-paru banyak terdiagnosa pada usia lanjut, 2 dari 3 orang terserang dan terdiagnosa pada umur 65 tahun atau bahkan lebih tua dan hanya sekitar 3% dari semua kasus kanker paru-paru yang terdiagnosa pada umur kurang dari sama dengan 45 tahun.

Kanker payudara. Kenapa kanker payudara menjadi salah satu kanker terpopuler? yups, karena jenis kanker ini tidak hanya bisa terjadi pada wanita, akan tetapi kaum pria juga dapat terserang kanker payudara. Jenis kanker ini merupakan ke-dua terbesar penyebab kematian pada perempuan, setelah kanker paru-paru. Tahun 2016, American cancer society mengestimasikan terdapat kurang lebih 246.660 kasus baru kanker payudara invasif akan terjadi pada wanita dan sekitar 61.000 kasus baru kanker payudara non-invasif (carsinoma in situ, CIS) atau bentuk awal dari kanker payudara (tumor payudara yang belum bersifat kanker). Kematian akibat kanker payudara pada wanita, diperkirakan akan terdapat sekitar 40.450 kasus.

Kanker prostat. Pada tahun 2015, American cancer society memperkirakan terdapat sekitar 220.800 kasus baru kanker prostat, dan kurang lebih 27.540 kasus kematian akibat kanker prostat. Kanker prostat merupakan jenis kanker paling umum ke-dua pada laki-laki setelah kanker kulit, kanker jenis ini juga merupakan kanker terbesar ke-2 penyebab kematian pada laki-laki, setelah kanker paruparu. Kanker prostat umumnya terjadi pada laki-laki ber-usia lanjut, enam dari sepuluh kasus terjadi pada usia 65 tahun atau lebih tua, dan jenis kanker ini jarang sekali terjadi pada laki-laki dibawah usia 40 tahun.

Kanker kolon dan rektum. Jenis kanker yang umum terjadi ke-3 pada laki-laki dan perempuan, American cancer society memperkirakan pada 2016 akan terjadi 95.270 kasus baru kanker prostate dan 39.220 kasus kematian akibat kanker colon dan rektum akan terjadi.

References:
• Wikipedia bahasa Indonesia: "Kanker" dan "Tumor". Accessed on Jan 19, 2016. id.wikipedia.org/kanker and id.wikipedia.org/tumor
• American Cancer Society: Cancer facts and statistics 2015. Accessed on Jan 20, 2016. Cancer facts and figures 2015
• Cancer research UK: Cancer insidence by age. Accessed on Jan 20, 2016. www.cancerresearchuk.org/CancerStatistics
• American Cancer Society: "Key statistics for colorectal cancer", "What are the key statistics about prostate cancer?", "What are the key statistics about breast cancer?", "What are the key statistics about lung cancer?". Acessed on Jan 28, 2016.

Subscribe to receive free email updates: