Jurnal Addiction: Hubungan Kausal antara Konsumsi Alkohol dan Kanker

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Jurnal Addiction menunjukkan bahwa alkohol dan kanker memiliki hubungan kausal, artinya tanpa pengetahuan mekanisme biologis tentang bagaimana alkohol menyebabkan kanker pun, kita dapat menyimpulkan bahwa alkohol menyebabkan kanker atau secara singkat bahwa alkohol (secara langsung) dapat menyebabkan kanker.

Dalam Jurnal tersebut juga menyebutkan bahwa tidak hanya peminum alkohol berat saja yg beresiko terkena kanker, namun peminum alkohol ringan sampai moderat (sedang) juga terindikasi berresiko kanker. Semakin tinggi dosis komsumsi alkohol maka semakin tinggi pula persentase resiko terkena kanker, namun bukan berati mengkomsumsi alkohol hanya segelas tidak menyebabkan kanker.

Jurnal addiction menyebutkan tujuh area tubuh yang rentan terpapar kanker karena alkohol yaitu oropharynx (bagian tengah tenggorokan), larynx (tenggorokan), oesophagus (kerongkongan), liver (hati), colon (usus besar), rectum (rektum), dan female breast (payudara wanita).

Hubungan Kausal antara Konsumsi Alkohol dan Kanker
Jurnal Addiction: Konsumsi Alkohol dan Kanker
"Ada bukti yang kuat bahwa Alkohol menyebabkan kanker di tujuh lokasi dalam tubuh, bahkan lebih," Jurnal Addiction.

Peneliti dari Department of Preventive and Social Medicine Universitas of Otago, New Zealand, Professor Jennie Connor dalam Jurnal Addiction mengungkapkan bukti epidemiologi yang mendukung hubungan kausal (sebab-akibat) antara konsumsi alkohol dan kanker orofaring, kanker laring, kanker esofagus, hati, usus besar, rektum, dan kanker payudara pada perempuan.

Hubungan Kausal antara Kanker dan Alkohol


Meskipun dari penelitian yang sebelumnya sudah ada bukti keterkaitan antara alkohol dan kanker, namun dalam penelitian ini Dr. Jennie Connor memaparkan bahwa hubungan keduanya seperti antara dua variabel atau kausal. Hubungan kausal merupakan hubungan bersebab akibat atau saling terkait antara dua variabel yang mana tanpa pengetahuan biologis tentang bagaimana alkohol menyebabkan penyakit kanker, bisa disimpulkan begitu saja bahwa konsumsi alkohol menyebabkan kanker atau singkatnya "Alkohol secara langsung menyebabkan kanker".

Menurut Wikipedia, hubungan kausal atau kausalitas adalah prinsip sebab-akibat; ilmu atau pengetahuan  yang secara otomatis bisa diketahui tanpa memerlukan pengetahuan maupun ilmu perantara yang lain.

Implikasi Alkohol terkait Tujuh Jenis Kanker


Dr. Connor menyebutkan tujuh tempat dalam tubuh yang terkait resiko kanker ketika mengkonsumsi Alkohol; bukti epidemiologi dapat mendukung bahwa Alkohol menyebabkab kanker orofaring, laring, esofagus, hati, usus besar, rektum dan kanker payudara pada wanita.

Prof. Dame Sally Davies, Chief Medical Officer untuk Inggris, menyampaikan akhir-akhir ini dalam sidang parlemen, "Apakah yang saya lakukan ketika saya meraih gelas anggur. Berpikir: saya ingin segelas anggur atau apakah saya ingin meningkatkan risiko saya sendiri terkena kanker payudara? Saya mengambil keputusan setiap kali saya memiliki segelas wine."

Dosis Alkohol terhadap Penyakit Kanker


Peminum Alkohol dari golongan berat, moderat, bahkan ringan sama-sama beresiko mengalami penyakit Kanker, akan tetapi resiko seorang peminum tergantung jumlah Alkohol yang dikonsumsinya. Dr. Jennie Connnor mengatakan, "Semua ini ada hubungan dosis-respons."

Professor Jennie Connor menambahkan, "Resiko terberat ada pada golongan peminum alkohol berat, namun beban yang cukup berat di alami oleh peminum ringan maupun moderat, sebab distribusi minum dalam populasi.

Hal ini sangat kontras dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan komsumsi alkohol dengan dosis tepat dapat menguntungkan penderita penyakit kardiovaskular, namun pernyataan penelitian itu diiringi skeptisme yang cukup tinggi. Kemudian Jurnal Addiction membawa angin segar dan membenarkan skeptis tersebut.

Oleh karena itu, Pemerintah terkait dihimbau untuk benar-benar membatasi peredaran alkohol di masyarakat dan mengawasi secara ketat perizinannya serta menindak tegas peredaran Alkohol illegal

References:
• Professor Jennie Connor: "Jurnal Addiction:Alcohol consumption as a cause of cancer" Accessed on Sept 18, 2016: Available online (PDF - 00 MB)
• Department of Preventive and Social Medicine, University of Otago: "New review concludes evidence for alcohol causing cancer is strong" Accessed on Sept 18, 2016: Available on The Web.

Subscribe to receive free email updates: