Perdebatan Setelah Meninggalnya Aktris Tiongkok Xu Ting Karena Kanker

Aktris Tiongkok Xu Ting meninggal karena kanker Limpoma, sebuah kanker yang menyerah sistem limfatik yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

setelah-meninggalnya-aktris-xu-ting-karena-kanker
Xu Ting

Mungkin kabar kematian sudah sering kita dengar dan bukan hal yang istimewa lagi. Namun kabar kematian Xu ini berbeda dari yang lain, kenapa? karena selain Xu Ting merupakan publik figur dan banyak mendapat sorotan, ia juga lebih memilih pengobatan alternatif (TCM) pengobatan tradisional china untuk mengobati kanker Limpoma-nya yang memang agak diragukan keabsahan penggunaan serta keefektivannya.

Sampai-sampai, Kepala Departemen Pengobatan Tradisional Cina di Chinese Academy of Medical Sciences di Beijing, Dr. Feng Li mengeluarkan pernyataan dengan menuliskan editorial pada surat kabar online People.cn bahwa pengobatan tradisional china tidak bisa disalahkan atas kematian Xu Ting.

Selengkapnya tulisan Dr Feng Li sebagai berikut:
Apakah TCM buruk untuk mengobati tumors? Terlepas dari apakah itu Pengobatan barat dan TCM.

Tumor ganas (kanker) tidak bisa diobati hanya dengan menggunakan satu metode. Kanker membutuhkan pendekatan disintesis, menggabungkan metodologi baik timur maupun barat.

Sebagai contoh, ketika pendekatan barat seperti Radiologi, Kemoterapi, dan Operasi sangat efektif meringankan tumor. TCM efektif dalam hal berbeda yaitu mengatasi gejala yang timbul seperti mual, muntah, edema, dan rasa nyeri ketika terapi ala barat.

Apabila kanker sudah bisa dikendalikan, TCM membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan, dan meminimalkan agar tumor tidak kambuh kembali. Tidak masuk akal menghilangkan salah satu pengobatan dan menggunakan yang lain secara penuh.

Tak seorang pun dokter professional yang bisa menentukan dengan pasti yang terbaik antara TCM atau Pengobatan Barat.

Kedua pengobatan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap kasus kanker memerlukan penanganan yang spesifik tergantung pada stadium dan patologi kanker itu sendiri.

Olehkarena itu dalam pengobatan kanker, tidak cukup hanya dengan akupuntur maupun bekam saja. Bukan berarti bekam dan akupuntur tidak berguna, sebaliknya pengobatan tersebut hanya ditempatkan padda kondusi yang salah.

Kejadian ini merefleksikan pola pikir beberapa pasien dalam pemilihan opsi pengobatan, beberapa takut rasa sakit dan efek samping yang ditimbulkan oleh Kemoterapi maupun Terapi Radiasi. Keluar dari ketakutan psikologi tersebut, para pasien memilih opsi yang tidak terlalu menimbulkan rasa sakit seperti yang dijanjikan oleh pengobatan tradisional China (TCM). Beberapa bahkan beranggapan bahwa TCM mempunyai kejuatan mistik yang sanggup menyembuuhkan penyakit apapun.

Selain itu, penyebaran informasi sains modern mengenai pengobatan kanker tidak cukup, baru setelah merasakan timbulnya penyakit dalam dirinya, banyak yang merasa kebingungan dan putus asa lalu mencari dokter yang memilki solusi. ini adalah situasi yang benar-benar perlu kita semua hindari.

Saya merekomendasikan ketika seorang pasien baru mengetahui penyakitnya, silahkan pergi ke rumak sakit terpercaya dan dapat bantuan medis.

Pada tingkat nasional, perlu ada peningkatan regulasi dan pengawasan, sehingga pasien dapat menerima tingkat pengobatan standart.

Sepanjang pengalamannya dengan kanker, Xu Ting tetap optimis dan menggunakan kapasitasnya sebagai publik figur untuk membantu orang lain yang lebih membutuhkan.

Suatu saat salah seorang penggemarnya menuliskan kata-kata penghibur untuk Xu, kemudian dia menjawab dengan bijak bahwa dia sempat bertemu salah seorang pasien kanker lain yang lebih butuh bantuan dari dia

Dia juga menyumbangkan sebagian uangnya untuk anak-anak yang penderita kanker dan mendorongnya untuk tetap positif dengan keadaan.

Sebagai wujud sikap optimisnya Xu mengatakan "Saya percaya tanpa keraguan sedikit pun, bila kita terus maju tanpa rasa takut, optimis, dan keberanian, maka sesuatu yang ajaib akan terjadi pada kita."

Subscribe to receive free email updates: