Oh! Ternyata Tumbuhan juga Bisa Terkena Kanker

Kanker umumnya menyerang manusia dan juga hewan, namun ternyata kanker juga bisa menyerang tumbuhan.
Kanker pada Tumbuhan
Kanker pada Pohon.
Kanker adalah penyakit kelainan genetik yang menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak sebagaimana mestinya, dan sel kanker bisa meng-invasi ke organ tubuh lainnya hingga sel kanker menyebar rata ke seluruh tubuh. Sel kanker menyebar efektif melalui aliran darah.

Tidak hanya terjadi pada manusia, kanker juga sering terjadi pada hewan. Hewan yang sering terjangkit kanker adalah Tasmania Devil, diketahui hewan karnivora tersebut sangat rentan terkena kanker wajah.

Tidak cukup sampai disitu, kanker juga bisa menyerang tumbuhan. Simpul besar tak beraturan pada batang tumbuhan menandakan bahwa tumbuhan tersebut sedang mengidap kanker.

Kanker tumbuhan tersebut terbentuk karena kerusakan struktural dan infeksi yang terjadi pada tumbuhan.

Hank Green, pembawa acaran sains SciShow menjelaskan bahwa kanker pada tumbuhan tak sama dengan kanker pada manusia atau hewan karena tumbuhan memiliki struktur sel yang berbeda.

"Dinding sel pada tumbuhan berstruktur cukup kuat, dinding tersebut mencegah sel untuk bergerak sehingga sel kanker tidak bisa memisahkan diri," ujar Hank.

Selain itu, tumubuhan juga tidak mempunyai aliran darah sehingga sulit bagi sel kanker untuk menyebar.

"Pada hewan sel kanker menyebar melalui aliran darah, namun tumbuhan tidak memiliki sistem sirkulasi seperti itu. Tumbuhan memindahkan cairan nutrisi melalui getah dan tidak ada sel di dalamnya," kata Hank.

Sumber: https://health.detik.com/read/2017/05/18/184134/3505307/763/apakah-tumbuhan-juga-bisa-kena-kanker

Subscribe to receive free email updates: