Apa itu Kanker Payudara HER2-positif?

Kanker payudara
Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yg terjadi pada jaringan payudara. Sel kanker bisa tumbuh di sekitar area payudara seperti kelenjar susu (lobulus), saluran susu yg menuju ke puting (duktus), dan berbagai tempat di jaringan payudara.

Dikutip dari Detiik Health, Penyebab tumbuhnya kanker payudara karena dipicu oleh 3 gen utama yakni estrogen receptor, progresteron receptor, dan HER2 receptor (Human Epidermal factor Receptor 2)

Ada tiga jenis kanker payudara yg paling populer yaitu kanker payudara triple negatif, esterogen atau progresteron positif, dan kanker payudara HER2 positif.

Lalu, apa itu kanker payudara HER2-positif?

Sesuai namanya, disebut kanker payudara HER2 positif karena hasil tes lab menunjukkan bahwa sel kanker positif mengadung banyak protein HER2, namun protein esterogen dan progresteron dalam kadar normal atau negatif.

Kanker payudara HER2 positif memiliki "pangsa pasar" sekitar 15-20 persen dari jumlah pasien kanker payudara keseluruhan. Sedangkan jenis kanker payudara terbanyak adalah esterogen atau progresteron positif.

Subscribe to receive free email updates: